SEJARAH DESA LONTAR

Pada masa dahulu Desa (Lontar) mulanya hanya berupa hutan belukar atau rimba namun berangsur angsur datanglah masyarakat dari Negara China Tiongkok singgah melalui jalan Perairan dengan tujuan berdagang.

Setelah masa penjajahan Belanda -Jepang berakhir barulah ada masyarakat yang bermukim di Daerah Itu nama (Lontar) belum jelas asal usulnya dan siapa yang memberi nama (Lontar) tersebut, ada sebagian masyarakat yang mengatakan adanya pohon Lontar Yang Daunya Rimbun yang tertanam didekat Pinggiran Pantai, dan ada pula yang memberi makna tersendiri bahwa pohon Lontar yang tegak lurus menandakan kelurusan dan kejujuran. Pantai/Laut/air bermakna sumber kehidupan yang memberi Penghidupan pada masyarakat namun yang jelas sampai saat ini belum ada yang menemukan asal usul nama (Lontar) secara pasti.

Pada tahun 1956 an masyarakat mulai bertambah dan bermukin di Lontar setelah sebagian Warga China Pindah Dari desa (Lontar) Karena terjadi Huru hara akibat pesta Kembang api pada waktu itu, disisi lain Banyak Pendatang/Perantauan yang bermukim disitu (lontar) diantaranya dari Suku Bugis,Betawi,Borneo(kalimantan) suku jawa (Kluwut) dll, yang rata –rata bekerja sebagai Nelayan perikanan,Bagan Sero dan pedagang. 

Karena Desa (Lontar) Mempunyai akses jalan raya yang terhubung daerah Tirtayasa, Pontang bahkan Perkotaan (serang-banten) maka secara berangsur angsur bertambah pesat dan masyarakat bertambah banyak yang pindah ke Daerah tersebut sehingga (Lontar) berpenduduk beraneka ragam.

(Lontar) adalah bagian dari Kampung-Kampung diantaranya Kampung Lontar, Pecinan(daerah warga china),pekandangan (kandang Babi), Kebalikan, dan Berangbang. Pada Tahun 1960-an (Lontar) Sudah Bisa Membagi Beberapa Kampung ketika itu mulai dibangun mesjid dengan swadaya masyarakat dengan bergotong royong yang pada waktu itu belum ada namanya.dan pada tahun 1970-an s/d 1980-an dibangun pula Sekolah Dasar yaitu SD 1 , 2 ,3 Sesuai Instruksi Presiden (inpres) sehingga SD 3 Lontar Disebut Julukan SD INPRES dan juga sekolah madrasah(Ngaji Dohor).

Pada tahun 2000 dibangun MTs Nurul bahri swasta dan dibangun pula kantor Kepala Desa (Lontar) yang merupakan satu satunya Madrasah setingkat SMP Yang ada (Lontar).

Adapun pejabat Kepala Desa (Lontar) mulai Tahun 1956 berdiri sampai sekarang sebagai berikut: 

  1. Tahun 1956-1971 KHUSEN sebagai Kepala Desa dan NIMAN sebagai Sekretaris Desa.
  2. Tahun 1971-1974 H. WASEH sebagai Pjs. Kepala Desa
  3. Tahun 1974-1990 H. MAIL sebagai Kepala Desa dan KASWAN sebagai Sekretaris Desa.
  4. Tahun 1990-1998 AKIMAN Sebagai Kepala Desa dan HUJENI sebagai Sekretaris Desa.
  5. Tahun 1998-2008 SANUSI MD sebagai kepala Desa dan MOCH.PENDI sebagai sekretaris Desa.
  6. Tahun 2008-2014H.SEKEMI MAIL sebagai kepala Desa dan KHAERUDIN sebagai sekretaris Desa PNS. Sedangkan Pelaksana Tata administrasi desa Di tangani oleh RUSITA sebagai Kasi Pemerintahan.
  7. Tahun 2014-2015 KHAERUDIN sebagai Pjs. Kepala Desa dan Tata administrasi Desa Ditangani oleh EDI sebagai Kasi Pemerintahan.
  8. Tahun 2015-2021 AKLANI Sebagai Kepala Desa dan KHAERUDIN Sebagai sekretaris Desa PNS. Sedangkan Tata Administrasi Desa ditangani oleh H.JUNALI Sebagai Staf Desa (sekretaris Desa Skala Lokal) 
  9. Tahun 2021  ANDI sebagai Kepala Desa dan ENDI sebagai Sekertaris Desa  sampai sekarang

Desa Lontar Kecamatan Tirtayasa
Alamat :

Kp Baru RT 016 RW 004 Ds. Lontar Tirtayasa Kode Pos, Lontar, Tirtayasa, Serang, Banten 42193


No Telp : 081314175630